Sabtu 07 Aug 2010 21:04 WIB

Schwarzenneger Serukan Pembatalan Larangan Pernikahan Sesama Jenis

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID,  SAN FRANCISCO—Gubernur California, Arnold Schwarzenneger dan Jaksa Wilayah, Jerry Brown, mengajukan mosi pada Jumat yang menyerukan pembatalan pelarangan pernikahan sesama jenis di negara bagian tersebut. Pejabat melayangkan mosi itu setelah Hakim Distrik, Vaughn Walker, sebelumnya mengesahkan larangan pernikahan gay yang disetujui saat voting parlemen, dikenal dengan sebutan Proposisi 8.

Dalam pernyataan resminya di mosi hukum Arnold menyatakan pembolehan pernikahan sesama jenis "sangat konsiten dengan sejarah panjang California yang memperlakukan semua orang dan hubungan yang mereka jalin dengan dalam penghormatan dan penghargaan setara".

Hakim Walker pada Rabu juga mengatakan pelarangan itu melanggar kesetaraan perlindungan federal dan proses hukum yang berlaku. Namun, ia menyetujui untuk menghadang pernikahan gay dan tak diterapkan hingga ia dapat mempertimbangkan argumen apakah akan terus memberlakukan larangan ketika pendukung mereka melakukan pengajuan banding di Pengadilan Banding AS ke-9.

Sementara menurut Brown, yang juga kandidat gubernur wilayah itu mengatakan pernyataan hakim berarti waktunya bagi para gay untuk dapat menikah lagi.

"Meskipun masih ada potensi batasan beban administrasi, pernikahan pasangan sesama jenis di masa depan harus dinyatakan tidak sah. Potensi beban itu sejalan dengan kesimpulan pengadilan yang sementara masih berdasar bukti bahwa Proposisi 8 tidak konstitusional," demikian menurut Brown dalam mosi hukumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement