Kamis 26 Aug 2010 03:58 WIB

Kejakgung: Proses Hukum Gubernur Bengkulu Jalan Terus

Rep: fyz/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pihak Kejaksaan Agung menyatakan, proses perkara terhadap Agusrin Maryono Najamuddin, Gubernur Bengkulu yang belakangan terpilih lagi masih terus dilanjutkan. Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Muhammad Amari membantah bahwa perkara ini sudah dihentikan penuntutannya.

Agusrin ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi penyalahgunaan hasil Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) juga Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) di Bengkulu senilai Rp 21,3 miliar sejak Juni 2009 lalu. Kendati demikian, sampai saat ini Agusrin belum juga diajukan ke pengadilan.

Di depan anggota dewan, Rabu (5/5) silam, Jaksa Agung Hendarman Supandji pernah mengatakan bahwa berkas perkara Agusrin sudah lengkap dan saat ini berada di Kejaksaan Tinggi Bengkulu. Penyerahannya ke pengadilan, menurut Hendarman, menunggu selesai Pilkada Bengkulu dimana Agusrin kembali menjadi calon. Saat ini proses pilakada tersebut sudah selesai, dan Agusrin yang juga ketua DPD Bengkulu memperoleh suara terbanyak.

Menyusul hal tersebut, Muhammad Amari mengatakan sudah menginstruksikan pelimpahan berkas Nasrudin ke pengadilan. "Sudah diperintahkan untuk melimpahkan ke pengadilan," kata Amari saat ditemui di Kejaksaan Agung, Rabu (25/8).