Kamis 09 Sep 2010 01:21 WIB

Kuntoro Sampaikan 'Rapor' Kabinet ke Presiden

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Kuntoro Mangkusubroto, sudah menyampaikan evaluasi kinerja Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II untuk periode Juli-Agustus 2010.

"Saya sudah menyerahkan kepada Presiden dan Wapres soal evaluasi kinerja para menteri," kata  Kuntoro Mangkusubroto kepada pers, di Istana Wakil Presiden (Wapres) di Jakarta, Rabu. Menurut Kuntoro, dirinya hanya sekadar melaporkan evaluasi kinerja para menteri dan tidak mengusulkan perlu tidaknya dilakukan pergantian menteri.

Hasil evaluasi yang sudah disampaikan tersebut, kata Kuntoro, nantinya bisa jadi akan dirapatkan dalam sidang kabinet bisa juga tidak. "Terpenting adalah kami sudah menyampaikan evaluasi kinerja para menteri kepada Presiden dan Wapres sesuai dengan tugas yang diberikan kepada kita," kata Kuntoro.

Ditanya pers mengenai hasil evaluasi, dia mengatakan, dirinya tidak bisa menyampaikan hasil evaluasi saat ini karena merupakan wewenang Presiden untuk menindaklanjuti.

Mengenai adanya resistensi terhadap kinerjanya dari para menteri, Kuntoro mengatakan  bahwa dirinya tidak merasa ada resistensi dan semuanya berjalan seperti biasa. "Saya tidak merasakan adanya resistensi apa-apa, dan sebagai kepala, saya hanya melakukan evaluasi dan menyampaikan kepada Presiden dan Wapres," katanya.

Evaluasi kinerja tersebut merupakan yang keempat, dan menjadi salah satu tugas UKP4 untuk melakukan evaluasi kinerja para menteri guna dilaporkan kepada Presiden dan Wapres.

Namun demikian, UKP4 tidak memiliki wewenang mengusulkan melakukan pergantian kabinet, karena itu merupakan hak prerogratif Presiden.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلٰمَيْنِ يَتِيْمَيْنِ فِى الْمَدِيْنَةِ وَكَانَ تَحْتَهٗ كَنْزٌ لَّهُمَا وَكَانَ اَبُوْهُمَا صَالِحًا ۚفَاَرَادَ رَبُّكَ اَنْ يَّبْلُغَآ اَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنْزَهُمَا رَحْمَةً مِّنْ رَّبِّكَۚ وَمَا فَعَلْتُهٗ عَنْ اَمْرِيْۗ ذٰلِكَ تَأْوِيْلُ مَا لَمْ تَسْطِعْ عَّلَيْهِ صَبْرًاۗ ࣖ
. Dan adapun dinding rumah itu adalah milik dua anak yatim di kota itu, yang di bawahnya tersimpan harta bagi mereka berdua, dan ayahnya seorang yang saleh. Maka Tuhanmu menghendaki agar keduanya sampai dewasa dan keduanya mengeluarkan simpanannya itu sebagai rahmat dari Tuhanmu. Apa yang kuperbuat bukan menurut kemauanku sendiri. Itulah keterangan perbuatan-perbuatan yang engkau tidak sabar terhadapnya.”

(QS. Al-Kahf ayat 82)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement