Selasa 21 Sep 2010 02:00 WIB

Presiden Iran: Membantu Gaza Sama dengan Mencegah Genosida

Red: Siwi Tri Puji B
Ahmadinejad
Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN--Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyerukan Muslim untuk membantu warga Gaza tanpa henti. Berbicara usai bertemu Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon, ia menyatakan membantu Gaza akan membantu mencegah genosida di jalur pantai Palestina.

Sambil mengingatkan bahwa masyarakat Gaza telah dikepung selama lebih dari tiga tahun, ia memperingatkan tentang bahaya rasisme rezim Zionis di wilayah ini. Dia menekankan bahwa hak Palestina 'untuk kedaulatan nasional harus diakui dan mereka harus dapat menentukan masa depan mereka dalam referendum yang bebas.'

Pada kesempatan itu, ia juga menyroti situasi di Afghanistan. Ahmadinejad mengatakan tidak ada solusi militer bagi negara yang dilanda perang. Republik Islam Iran percaya bahwa solusi hanya terletak di Afghanistan mempercayakan urusan kepada rakyatnya, ia menambahkan.

Sekretaris Jenderal PBB, karena terlibat mengucapkan terima kasih peran konstruktif Iran dalam mempromosikan perdamaian dan keamanan di kawasan itu, terutama di Afghanistan. Ia mengatakan Iran juga dapat memainkan peran penting dalam perdamaian Timur Tengah dan keamanan dunia.