Kamis 02 Sep 2010 19:22 WIB

Cukur Persib 6-0, Kunci Kemenangan SFC di Organisasi Permainan

Red: Endro Yuwanto
Ivan Kolev
Ivan Kolev

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG--Arsitek Sriwijaya Football Club (SFC), Ivan Kolev, mengatakan, organisasi permainan yang baik menjadi kunci kemenangan 6-0 atas Persib Bandung di laga terakhir penyisihan Grup B Inter Island Cup, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Rabu malam (1/9).

"Pada pertandingan kali ini, para pemain dapat menerapkan organisasi permainan yang baik sehingga dapat mengkonversikan peluang menjadi gol," kata Kolev, Kamis (2/9).

Menurut Kolev, kondisi itu berbeda saat SFC berhadapan dengan Persiba Balipapan pada pertandingan perdana IIC beberapa hari lalu. SFC saat ini menelan kekalahan telak 0-3. "Saat melawan Persiba, permainan SFC tidak efektif, sehingga belasan peluang yang diciptakan tidak berbuah gol," ujar pelatih asal Bulgaria ini.

Padahal, lanjut Kolev, Persiba yang hanya membuat lima peluang dan dapat merealisasikan menjadi tiga gol. "Saya memberikan apresiasi kepada pemain yang mau bekerja keras dalam beberapa hari terakhir, dan mengubah permainan menjadi lebih baik saat berhadapan dengan Persib," ujar dia lagi.

Menurut Kolev, selain baik dalam menerapkan organisasi permainan, 'Laskar Wong Kito' juga piawai dalam menerapkan strategi serangan balik atau counter attack. "Beberapa gol tercipta berkat strategi serangan balik yang dijalankan, sedangkan Persib memang beberapa kali lambat mengantisipasi," ujar dia.

Kemenangan pada laga ini menjadi kemenangan pertama Ivan Kolev dalam debutnya sebagai pelatih SFC musim ini, menggantikan Rahmad Darmawan yang kini melatih Persija Jakarta.

Kolev pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, terutama kepada kelompok suporter yang rela menyaksikan laga SFC walaupun digelar di malam hari di bulan puasa ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada suporter, karena mau berkorban memberikan dukungan kepada kami. Saya tahu mereka harus pulang larut malam setelah menyaksikan kami, karena pertandingan dimulai pukul sembilan malam," ujar pelatih timnas Indonesia tahun 2003 ini.

Berdasarkan hasil ini 'Laskar Wong Kito' dapat melenggang ke partai final IIC dan berjumpa Persiwa Wamena sebagai juara Grup B, di Palembang, 5 September. "Saya belum tahu akan menerapkan strategi apa untuk menghadapi Persiwa nanti. Yang pasti fokus utama saya adalah mengembalikan kebugaran pemain terlebih dahulu," kata Kolev.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement