Rabu 06 Oct 2010 21:25 WIB

Alasan Keamanan, Saksi Mangkir Sidang Blowfish

Rep: Fitriyan Zamzami/ Red: Budi Raharjo
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Walaupun sudah mendapat pengamanan ketat, sejumlah saksi sidang terdakwa perkara penusukan tak memenuhi panggilan untuk bersaksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (6/10). Menurut Jaksa Penuntut Umum, hal ini sehubungan dengan kisruh yang terjadi pekan lalu.

Jaksa Penuntut Umum sempat memanggil nama-nama saksi yang direncanakan hadir melalui pengeras suara. Begitupun, hanya satu yang hadir. "Sebenarnya sudah bersedia 7 orang (untuk bersaksi), tapi belum bisa datang karena keadaan seperti ini," kata Jaksa Pemuntut Umum Sumino di persidangan untuk terdakwa Karno Lolo dan Bernardus Malelak.

Jaksa Penuntut Umum dalam sidang hari ini hanya berhasil menghadirkan satu saksi pasca kejadian. Ia adalah petugas Sentra Pelayanan Kepolisian Polres Jakarta Selatan, Andi D Furyanto. Ia mengatakan mendapat laporan soal perkelahian di Kafe Blowfish, Jakarta Selatan pada pukul 00.15, 4 April lalu. Saat sampai di tempat kejadian, ia mengatakan melihat sudah dua korban tergeletak di sisi kiri pintu masuk gedung tempat kafe berada. Kedua pihak yang bertikai juga sudah meninggalkan lokasi kejadian.

Hakim Singit Elier yang memimpin sidang menyayangkan ketidakhadiran saksi fakta dalam persidangan. Menurut dia, dengan keamanan yang sudah diperketat, saksi tak perlu takut hadir ke persidangan. "Tidak ada alasan tidak bisa menghadirkan saksi dengan alasan keamanan. Keamanan di ruang sidang dan di Jalan Ampera sudah dijamin oleh kepolisian," ujar dia.