Kamis 07 Oct 2010 01:48 WIB

Tim Mercedes GP Fokus untuk Musim Depan

Rep: Ratna Puspita/ Red: Endro Yuwanto
Balap mobil F1
Balap mobil F1

REPUBLIKA.CO.ID, SUZUKA--Musim balapan 2010 belum berakhir. Namun, Mercedes GP fokus pembangunan mobil untuk tahun depan menyusul hasil mengecewakan yang diraih musim ini.

Bos Mercedes GP, Ross Brawn, mengatakan, timnya tidak akan mengorbankan pembangunan mobil musim mendatang untuk mengalahkan Renault pada balapan tahun ini.

Saat ini, juara bertahan konstruktor tersebut berada di posisi keempat, namun Renault hanya memiliki selisih 35 poin berpeluang mengejar dengan empat balapan tersisa. Tim asal Jerman tersebut menegaskan tidak akan mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengembangkan mesin yang digunakan tahun ini guna mempertahankan jarak dengan Renault.

"Kami lebih kompetitif dan ingin meraih hasil yang lebih baik daripada Renault. Akan sangat mengecewakan bila kami finish di belakang Renault. Tapi, kami punya agenda untuk memperkuat mobil tahun depan. Jadi, kami melupakan Renault dan fokus membangun kekuatan untuk tahun depan," kata Brawn, Rabu (6/10).

"Berada di urutan kelima atau keempat bukanlah yang kami inginkan. Saya tidak ingin tim ini finish di urutan kelima. Jangan salah juga, kami akan tetap mengerahkan kemampuan. Tapi, apapun yang kami lakukan tidak akan memengaruhi upaya kami untuk membangun mobil musim depan," jelas Brawn.

Brawn juga menyatakan kepuasannya dengan penampilan Nico Rosberg yang berhasil meraih hasil yang lebih baik dari rekan setimnya, Michael Schumacher, sepanjang musim. Rosberg meraih 122 poin, sedangkan Schumacher 46 angka. "Sekarang dia sedang mulai bekerja dengan lebih efektif bersama para mekanik dan teknisi," kata dia.

Para tim dan pebalap Formula 1 akan kembali berlaga di Suzuka, Jepang, akhir pekan ini. Fernando Alonso bersama Ferrari yang berjaya di dua balapan terakhir difavoritkan untuk kembali memenangi balapan. Namun, Mark Webber dan tim Red Bull Racing juga diperkirakan akan memberikan perlawanan.

Tahun ini menjadi musim paling ketat. Lima pebalap masih berpeluang menjadi juara dunia dengan empat balapan tersisa. Saat ini, pebalap Red Bull Racing, Mark Webber, masih menduduki klasemen sementara, Alonso berada di posisi kedua dengan selisih 11 poin. Tiga pebalap lain yang berpeluang, yaitu Lewis Hamilton, Sebastian Vettel,  Jenson Button.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement