Rabu 13 Oct 2010 03:41 WIB

Kloter Pertama Jamaah Haji Bertolak ke Makkah

Rep: Annisa Mutia/ Red: Endro Yuwanto
Calon Jamaah Haji Indonesia
Foto: WASPADA.CO.ID
Calon Jamaah Haji Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Jamaah haji asal DKI Jakarta dan Subang, Jawa Barat, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama sudah bertolak ke tanah suci Makkah. Mereka berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Sesuai rencana, keberangkatan jamaah haji kloter pertama dilepas oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningslh dan Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) DKI Jakarta, Sutami. Sementara Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo urung melepas keberangkatan jamaah.

''Tapi Pak Gubernur memberikan bantuan dua kardus mie instan dan transportasi di tanah suci kepada jamaah haji,” ujar Sutami usai melepas kebarangkatan jamaah haji kloter pertama di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (12/10).

Sesuai data, kata Sutami, total jamaah yang seharusnya berangkat pada kloter pertama di embarkasi DKI Jakarta ini berjumlah 450 orang. Namun, salah seorang dinyatakan tidak dapat berangkat karena sakit. “Jadi total jamaah kloter pertama yang berangkat dari embarkasi DKI Jakarta sebanyak 454,” kata dia.