Sabtu 30 Oct 2010 00:09 WIB

Riasan Wajah Putin Jadi Bulan-bulanan Media

Rep: Wulan Tunjung Palupi/ Red: Endro Yuwanto
Vladimir Putin
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV--Lebam di pipi atas Perdana Menteri (PM) Rusia, Vladimir Putin, menjadi spekulasi media di negeri Beruang Merah itu. Apakah ia mendapatkan memar itu saat berlatih judo, atau ia melakukan sedikit operasi wajah atau karena kelelahan karena terlalu banyak penerbangan.

Saat Putin bertemu dengan PM Ukraina, Mykola Azarov, hari Rabu 27 Oktober, terdapat luka asimetrik yang nampak jelas pada wajahnya.

Bukan hanya tabloid yang membicarakan hal ini, tapi juga koran-koran nasional.  Pada pertemuan dengan pimpinan Ukraina, Putin diketahui menggunakan bedak yang tebal. Namun bedak berwarna kekuningan itu  nyaris tak bisa menutupi lebam seperti noda memar dan bengkak di tulang pipinya.

Putin dikenal sebagai orator percaya diri yang berbicara dengan semangat dan humor, namun kemarin ia tampak lelah saat berbicara di Kiev, Ukraina. Ia hanya berpidato singkat dan tidak mau memberikan tanya jawab dengan wartawan. Juru bicara Putin mengelak jika ada sesuatu yang tak wajar dengan sang perdana menteri.