Jumat 19 Nov 2010 03:51 WIB

AS Lirik Pembiayaan Mikro Syariah

Rep: EH Ismail/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah Negeri Paman Sam melalui organisasi bentukan pemerintah mereka, Millenium Challenge Corporation (MCC), tengah mempelajari model pembiayaan lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) di Indonesia. Langkah MCC tersebut merupakan awal perwujudan kerja sama pengentasan kemiskinan antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Perwakilan MCC sudah menyambangi sejumlah LKMS, termasuk asosiasi yang menaungi lembaga-lembaga mikro syariah di Indonesia. Salah satu lembaga yang dikunjungi MCC adalah PT Permodalan BMT Ventura. "Mereka berkunjung ke sini untuk mengetahui sejauh mana efektivitas BMT-BMT atau islamic micro financing di Indonesia dalam mengentaskan kemiskinan," ujar Direktur Utama BMT Ventura, Saat Suharto, kepada Republika, Kamis (18/11).

Dalam situs resminya, MCC yang berkantor pusat di Washington DC, menegaskan, organisasi mereka merupakan agen independen pemerintah AS yang memberikan bantuan kepada negara-negara asing dalam program pengentasan kemiskinan global. Salah satu fokus program MCC yang dibentuk pada 2004 adalah pemantapan ekonomi dan wirausaha kecil.

Sejauh ini, MCC sudah menggelontorkan modal pinjaman sebesar 29 juta dolar AS kepada usaha kecil di bidang pertanian. Ia melanjutkan, saat berkunjung ke BMT Ventura, para perwakilan MCC mendalami angka-angka dan data statistik tentang efektivitas pembiayaan yang dilakukan LKMS serta pengaruhnya terhadap pengentasan kemiskinan.