Jumat 30 Jul 2010 19:06 WIB

Meneropong Penyakit dari Tanda-tanda pada Tubuh, Yuk!

Red: Siwi Tri Puji B
Ilustrasi
Foto: .
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Yang kerap luput kita sadari, kesehatan adalah "harta" paling berharga yang kerap lupa untuk disyukuri. Kita baru menyadari pentingnya sehat ketika sudah jatuh sakit. Kita berjanji akan "mengelola" tubuh dengan lebih baik ketika kita sudah terkapar tak berdaya di tempat tidur, atau selang infus sudah memenjara salah satu lengan kita.

Sebetulnya kalau kita jeli, tubuh kita juga sudah mengabarkan pada kita bahwa ada yang tak beres dengan diri kita. Tangan, lengan, mata, dan wajah bisa menjadi informan penting bahwa kita perlu waspada bahwa sebua penyakit tengah bersekongkol untuk menyerang kita. Maka langkah yang penting setelahnya adalah: waspada dan memulai gaya hidup sehat.

Berikut ini informasi yang diberikan bagian tubuh Anda tentang kemungkinan penyakit yang bakal menyerang Anda:

Kaki Anda

Apa yang Anda lihat: Anda memiliki kaki yang pendek dari tubuh bagian atas.

Apa artinya: Untuk para atlet, proporsi ini bisa diterjemahkan sebagai pusat gravitasi yang lebih rendah dan kemampuan lebih besar untuk mengubah arah dengan cepat. Pikirkan Allen Iverson, John Stockton, dan dunia yang penuh dengan bintang sepak bola. Namun, menurut penelitian di Inggris selama lebih dari 15 tahun, tipe tubuh ini juga berarti meningkatkan kemungkinan penyakit jantung.

"Ada risiko berbanding lurus antara panjang kaki dan penyakit jantung," kata George Davey Smith MD, seorang dokter di University of Bristol di Inggris dan salah satu penulis penelitian. "Kami mengikuti 2.512 lebih pria Inggris selama lebih dari 15 tahun dan menemukan bahwa kaki Anda untuk setiap setengah inci lebih pendek dari proporsi untuk laki-laki lain dengan panjang yang sama tubuh bagian atas, Anda memiliki risiko 10 persen lebih tinggi dari penyakit jantung koroner."

Pinggang Anda

Apa yang Anda lihat: pinggang Anda lebih besar daripada pinggul Anda, atau kerap diistilahkan sebagai "tubuh apel"  dan "tubuh pir"

Apa artinya: Untuk pria, ini adalah dua peringatan

Pertama: "Kami tidak tahu persis mengapa, tetapi orang-orang dengan tubuh apel, bukan buah pir, memiliki insiden penyakit jantung lebih tinggi," ujar Richard Stein MD, seorang profesor pengobatan klinis di Cornell University.

Kedua: Bila berbentuk pir, maka merupakan indikator utama dari diabetes tipe-2. "Bentruk tubuh ini mengindikasikan insulin yang semestinya secara alami diproduksi untuk bekerja memecah gula kurang efisien," kata Christopher D Saudek MD, seorang profesor kedokteran di Johns Hopkins University dan presiden American Diabetes Association.

Peringatan lain: Anda kelebihan berat badan, tuh. Jadi, diet ya!

Kornea Anda

Apa yang Anda lihat: Ada sebuah cincin berwarna putih sepanjang tepi luar kornea Anda.

Apa Artinya: darah Anda sebuah penuh lemak. "Itu arcus senilis," ujar Monica L Monica MD PhD, dokter mata di New Orleans. "Untuk pria berusia 30 tahun atau 40-an, itu pertanda bahwa Anda mungkin memiliki kolesterol tinggi. Garis putih adalah kolesterol yang mengendap di jaringan halus dari kornea Anda.

Mata Anda

Apa yang Anda lihat: merah.

Apa artinya: Ya, Anda bisa menebak alasan yang jelas. Tetapi juga dapat berarti Anda terlalu banyak minum aspirin. "Aspirin memperlambat pembekuan darah Anda dan tipis, dan yang berakhir dengan banjir kapal kecil di mata Anda," ujar Dr Monica.

Tangan Anda

Apa yang Anda lihat: Ada sangat kecil perdarahan-yang terlihat seperti serpihan kayu  di bawah kuku Anda.

Apa artinya: Anda mungkin memiliki endokarditis, infeksi di salah satu katup dalam hati Anda, kata Edmund Chitwood MD, seorang dokter di Martha Jefferson Hospital di Charlottesville, Virginia.

Bisa juga merupakan gumpalan darah akibat infeksi dan kemudian bersarang di pembuluh darah kecil.

Wajah Anda

Apa yang Anda lihat: Di bawah cahaya putih, kulit dan mata Anda mengembangkan warna kekuningan.

Apa artinya: Ini adalah satu-satunya gejala yang jelas dari hepatitis, penyakit hati, atau penyakit kuning. "Hati adalah organ yang paling jarang komplain," kata Thelma Raja Thiel, Hepatitis Foundation International. "Jadi, kebanyakan orang tidak tahu bahwa mereka punya masalah sampai terjadi kerusakan dan semua sudah hampir terlambat." Jadi, carilah dokter Anda segera jika menemukan gejala ini.

Kulit Anda

Apa yang Anda lihat: Anda memiliki tahi lalat besar atau berwarna-warni.

Apa artinya: Melanoma, kanker kulit yang paling umum ditemui. Periksa diri Anda segera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement