Rabu 24 Nov 2010 02:23 WIB

Kemenperin Susun Empat Tahap Pengurangan Emisi Industri

Red: Siwi Tri Puji B
Menteri Perindustrian MS Hidayat
Menteri Perindustrian MS Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kementerian Perindustrian menyusun empat tahap "grand strategy" konservasi energi dan pengurangan emisi gas rumah kaca di sektor industri yang akan dilaksanakan pada 2010 - 2020. "Program implementasi konservasi energi dan pengurangan emisi CO2 di sektor industri sebagai tindak lanjut dari komitmen pemerintah di Pertemuan G20 di Pitsburgh, AS pada 2009 tentang Pengurangan Gas Rumah Kaca," kata Menteri Perindustrian, Mohamad S Hidayat di Jakarta, Selasa.

Dalam acara peluncuran Program Implementasi Konservasi Energi dan Pengurangan Emisi CO2 di Sektor Industri, MS Hidayat menuturkan, program tersebut sejalan dengan visi Kemenperin yakni membawa Indonesia menjadi negara industri yang tangguh di dunia pada 2025.

Hal itu juga sesuai dengan tujuan jangka pembangunan industri dengan konsep pembangunan yang berkelanjutan. "Energi mempunyai peranan yang sangat penting dan menjadi kebutuhan dasar dalam pembangunan yang berkelanjutan," katanya.

Karenanya, ujar Menperin, energi harus digunakan secara hemat, rasional dan bijaksana agar kebutuhan energi pada masa sekarang dan masa yang akan datang dapat terpenuhi. Ia juga memaparkan, kebanyakan sumber energi utama di Indonesia masih berasal dari energi fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam).