Kamis 25 Nov 2010 01:14 WIB

BI Siap Luncurkan Cetak Biru Perbankan Syariah

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Syariah
Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Halim Alamsyah, mengatakan lembaga moneter tertinggi negara itu sudah menyiapkan blue print atau cetak biru perbankan syariah. Tujuan cetak biru itu, menurut Halim, demi membuat perbankan syariah tumbuh dan berkembang lebih cepat serta berkesinambungan.

"BI akan menerbitkan berbagai kebijakan jangka panjang yang tertuang dalam cetak biru pengembangan perbankan syariah 2011-2015. Saat ini sedang difinalisasi," kata Halim dalam seminar perbankan syariah di Jakarta, Rabu (24/11).

Menurut dia, cetak biru tersebut akan mencakup tujuh pilar atau fokus pengembangan. Ketujuh pilar itu yakni pengembangan sumber daya manusia, pengaturan dan pengawasan yang efektif, infrastruktur yang mendukung, struktur perbankan yang efektif, aliansi strategis yang sinergis, pemberdayaan nasabah yang efektif dan inovasi produk.

Pelaksanaan ketujuh fokus pengembangan itu, lanjutnya, akan dijabarkan dalam bentuk program pelaksanaan selama lima tahun ke depan. "Cetak biru sudah siap, kita akan diskusikan dulu dengan pelaku bank syariah, dewan syariah nasional dan pemerintah karena target kita menjadikan industri perbankan syariah sebagai bagian dari ekonomi nasional," kata dia.