Rabu 01 Dec 2010 19:00 WIB

Cina Mulai Bangun Fasilitas Superkomputer Ambisius

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Desain arsitektur komplek fasilits superkomputer Cina
Foto: xinhuanet.com
Desain arsitektur komplek fasilits superkomputer Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Cina baru saja mengumumkan desain ultra modern untuk pusat superkomputer terbarunya. Rencana arsitektur itu terlihat menolak bentuk kotak tanpa jendela yang menjadi gaya khas bangunan untuk fungsi komputasi. Dalam desain juga terdapat bangunan tabung yang dinilai mencerminkan ambisi superkomputer negara itu

Peletakkan batu pertama untuk National Supercomputing Center itu dilakukan Ahad lalu. Fasilitas yang bakal dibangun di Changsa, Propinsi Hunan di bagian tengah Cina, itu akan menjadi rumah bagi Tianhe-1A, yang bulan lalu menjadi superkomputer paling cepat di dunia.

Tad Davies, wakil presiden eksekutif Black Group--perusahaan yang juga bergerak dalam desain bangunan pusat data, mengomentari arsiran desain tidak bisa berbicara tentang detail terlalu banyak. "Arsiran dalam software grafik diciptakan untuk 'menciptakan impresi' ketimbang merefleksikan kenyataan," ujarnya.

Meski Davies tidak yakin bangunan mana di antara dua gedung yang akan menaungi superkomputer, gedung tabung mesti dikonstruksi untuk mengatasi beban signifikan dari fungsi kegiatan pusat data. Juga, imbuhnya, bangunan melingkar tidak efisien secara ruang.