Ahad 05 Dec 2010 09:52 WIB

Taklukan Patriots, SM Britama Jaga Peluang

Rep: Israr/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Satria Muda Britama membuktikan janji untuk berjuang habis-habisan hingga peluang menembus playoff ASEAN Basketball League (ABL) musim 2010/2011 benar-benar tertutup. SM Britama meraih kemenangan ketiga dengan menyingkirkan juara musim lalu, Air Asia Philippine Patriots 82-78 di Britama Arena Sport Mall Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu (4/12).

Ini merupakan kemenangan pertama SM Britama atas Patriots sejak ABL digelar tahun lalu. SM Britama tiga kali kalah di regular season dan tidak pernah menang ketika berhadapan dengan Patriots di final ABL musim lalu yang menggunakan format the best of three. Musim ini SM Britama juga menyerah di pertemuan pertama 75-69.

SM Britama tertinggal enam poin saat tembakan tiga angka Warren Ybanez dan Santiago Jr. Cabatu dari Patriots melesak mulus ke dalam keranjang. Tuan rumah merespons lewat tembakan dua angka center Antoine Gerrard Broxsie. Perlahan namun pasti, SM Britama mampu menyamakan poin menjadi 10-10 dan kemudian melejit untuk menutup kuarter pertama dengan keunggulan 30-19.

Patriots yang tidak mau menelan kekalahan ketiga secara berurutan bermain lebih agresif di kuarter kedua. Hasilnya, selisih ketertinggalan dari tim tuan rumah berhasil diperpendek menjadi hanya empat poin 37-41.