Selasa 07 Dec 2010 21:14 WIB

Trio Barcelona Kuasai Podium Ballon D'Or

Red: Endro Yuwanto
Barcelona
Barcelona

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Majalah sepakbola terbitan Prancis, France Football, telah mengumumkan tiga nama yang mengisi tempat teratas di ajang FIFA Ballon d’Or (pemain terbaik dunia) berdasarkan performa mereka di sepanjang tahun 2010.

Diumumkan dalam konferensi pers, Seni (6/12), tiga besar dikuasai oleh para punggawa Barcelona; Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Lionel Messi. Trio yang biasa saling bahu-membahu di Camp Nou itu akan bersaing untuk memperebutkan gelar pemain terbaik dunia yang seremoninya akan digelar di Zurich, Swiss, pada 10 Januari.

Ketiga pemain tersebut memiliki sisi positif di mata para juri. Selain membantu Barca mempertahankan gelar campeon Primera Liga di musim 2009/10, duet Xaviesta menggondol Piala Dunia 2010 bersama Spanyol. Xavi menjadi kunci di lini tengah, sedangkan Iniesta mencetak gol penentu kemenangan La Furia Roja saat mengandaskan Belanda di final.

Sementara bagi El Messiah, meski hanya mampu membawa Argentina hingga perempat-final Piala Dunia 2010, ia tampil sangat konsisten bagi Blaugrana tahun ini. Tahun lalu, Messi menyabet Ballon d’Or dengan mengalahkan Cristiano Ronaldo yang harus puas di pos runner-up, sementara Xavi menduduki tempat ketiga.

Kabar ini tentunya menjadi pukulan telak bagi trequartista Inter Milan, Wesley Sneijder, yang sebelumnya mengaku tak percaya dan sedikit aneh jika namanya gagal menembus top three.

Selain pemain, Ballon d’Or juga menyediakan kategori untuk pelatih terbaik. Pep Guardiola, Jose Mourinho, dan Vicente del Bosque akan bersaing ketat untuk menyabet gelar juru taktik terbaik tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement