Jumat 17 Dec 2010 03:23 WIB

Jerman Ekspor Senjata Milyaran Euro Ke Negara Krisis

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN--Uni Emirat Arab rupanya menjadi salah satu dari tiga negara utama penerima senjata Jerman pada 2009, demikian menurut laporan yang dirilis pemerintahan Jerman, kemarin (15/12).

Negara kecil di Teluk Persia itu menempati urutan kedua setelah AS dalam total ekspor senjata Jerman tahun lalu. Ekspor yang memberi pendapatan negara sebesar 5,04 milyar euro (Rp60 triliunan).

Jerman menjual peralatan militer senilai 540 juta euro khusus ke UEA. Beberapa produk diantaranya sistem kemudi dan radak, torpedo, simulator, peluru kendali, granat tangan, mobil lapis baja, suku cadang tank, kendaraa amfibi, truk dan meriam otomatis.

Sementara, negara lain di Timur Tengah, Arab Saudi, berada di peringkat keenam dari total ekspor persenjataan jerman dengan nilai transaksi 167,9 juta euro. Peralatan militer Jerman yang terbang ke Arab termasuk pesawat tempur beserta sejumlah suku cadangnya, bagian-bagian rudal, pesawat pengisi bahan bakar, granat, instrumen pemindah ranjau laut dan sistem komunikasi.