Rabu 05 Jan 2011 19:06 WIB

Putra Shah Iran Tewas Bunuh Diri di Amerika Serikat

Red: Didi Purwadi
bunuh diri (ilustrasi)
Foto: jawaban
bunuh diri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BOSTON - Alireza Pahlavi, putera termuda almarhum Shah Iran, melakukan bunuh diri di Boston, Amerika Serikat, Selasa (4/1) waktu setempat. Demikian menurut tulisan di laman internet saudara laki-lakinya.

"Dengan kesedihan yang sangat besar bahwa kami ingin memberitahu rekan-rekan kami mengenai meninggalnya Pangeran Alireza Pahlavi," kata Reza Pahlavi, putera tertua Shah, di laman internetnya.

Pahlavi, 44, bunuh diri pada Selasa pagi sekali di rumahnya di Boston. "Mencemplungkan keluaga dan teman-temannya ke dalam duka cita yang besar", kata tulisan itu. Tulisan itu menyebutkan ia telah berjuang selama bertahun-tahun untuk mengatasi depresi karena nasib negaranya serta kehilangan ayah dan saudara perempuannya.

Polisi di Boston dan Cambridge, tempat Pahlavi menurut laporan belajar untuk memperoleh gelar PhD di Harvard University dalam studi Iran kuno, tidak dapat mengkonfirmasi dengan segera mengenai kematian itu. Seorang juru bicara Harvard menyatakan ia tidak memiliki informasi mengenai Pahlavi.

Shah Mohammad Reza Pahlavi digulingkan oleh Revolusi Islam pada 1979 dan meninggal di Mesir setahun kemudian. Anak perampuannya, Leila, ditemukan tewas di sebuah kamar hotel di London pada 2001.

Lahir di Teheran pada 1966, Alireza Pahlavi menempuh pendidikan di Iran sebelum melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada 1979. Di Negeri Paman Sam itu, dia memperoleh gelar dari Universitas Princeton dan Columbia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement