Kamis 06 Jan 2011 18:47 WIB

Proyektil Pejuang Gaza Hantam Israel Selatan

Red: Krisman Purwoko
Roket yang ditembakkan pejuang Hamas
Foto: www.suaramedia.com
Roket yang ditembakkan pejuang Hamas

REPUBLIKA.CO.ID,YERUSALEM--Dua proyektil yang ditembakkan dari Jalur Gaza menghantam daerah terbuka di Israel selatan, Rabu, satu pada pagi dan satu lagi sore hari, kata militer. Tidak ada korban yang terluka dalam serangan itu, yang terjadi di daerah Eshkol di sisi sektor timurlaut perbatasan Israel-Gaza.

Seorang juru bicara militer belum bisa memastikan jenis proyektil yang digunakan, namun radio militer melaporkan hantaman dua mortir. Pejuang Gaza menembakkan puluhan moritr dan roket ke Israel selatan dalam beberapa bulan terakhir, yang menimbulkan kerusakan dan mencederai ringan sejumlah orang.

Israel membalas dengan serangan udara ke sasaran-sasaran yang mereka sebut tempat latihan, fasilitas senjata dan terowongan penyelundupan. Selasa malam, angkatan udara Israel menyerang dua sasaran di Gaza sebagai pembalasan atas serangan roket pejuang Palestina pada pagi hari, yang merusak beberapa rumah kaca di Israel selatan.

Hamas yang menguasai Jalur Gaza menyatakan, mereka melaksanakan gencatan senjata de fakto dengan Israel sejak akhir perang 22 hari pada Januari 2009. Serangan-serangan sejak itu menurun secara berarti, meski lebih dari 200 roket dan mortir yang sebagian besar rakitan ditembakkan ke Israel sejak awal 2010, kata militer Israel.