Senin 31 Jan 2011 11:53 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Sadly Rachman

Unsoed Gelar Napak Tilas Jenderal Soedirman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Universitas Jenderal Soedirman akan menggelar Napak Tilas Jenderal Soedirman. Acara itu dimaksudkan untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dan mahasiswa akan pentingnya memelihara nilai-nilai perjuangan para pahlawan sekaligus sebagai ucapan terima kasih kepada masyarakat Banyumas yang telah berperan dalam pendirian Universitas Jenderal Soedirman.

Ketua Panitia Napak Tilas Jenderal Soedirman, Sutrijo Widi Purboyo, kepada republika.co.id, saat berkunjung ke Harian Republika, Rabu Sore mengatakan
Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) awalnya didirikan oleh tentara sebagai ucapan terima kasih kepada masyarakat banyumas yang telah membantu tentara mengatasi pemberontakan-pemberontakan. Maka tentara mendirikan monumen hidup yang diberinama Universitas jenderal Soedirman (Unsoed). Sebagai mandatnya, semangat perjuangan harus dipelihara.

Widi mengatakan Napak Tilas Jenderal Soedirman berlangsung bulan Juni-Juli atau bertepatan dengan tahun ajaran baru. Rangkaian kegiatan seperti bakti sosial, sarahsehan dan aktivitas lain bakal digelar. Khusus acara puncak, yang berlangsung selama tiga hari, akan digelar kuliah umum yang nantinya dibawakan Panglima TNI.

Kegiatan napak Tilas mulai jalankan semenjak tahun 1977. Memasuki era reformasi, kegiatan itu diubah menjadi  mata kuliah Penanaman Nilai-Nilai Kejuangan Jenderal Soedirman, lalu berubah lagi menjadi mata kuliah Jati Diri Unsoed.

 

Courtesy of Youtube/Google