Jumat 04 Feb 2011 21:49 WIB

Tokoh Agama takkan Memobilisasi Massa

Rep: ichsan emrald/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tokoh yang tergabung dalam Forum Lintas Agama, Syafii Maarif menjelaskan fungsi dari tokoh agama ini ialah menyampaikan pesan moral kepada pemerintah. Sehingga tak mungkin para tokoh agama memobilisasi massa atau mengeksekusi program untuk mengentaskan masalah di Indonesia.

‘’Subtansi pertemuan kami ialah untuk menyatakan rasa keprihatinan terhadap terpuruknya bangsa ini, bukan berfungsi memobilisasi massa atau bahkan menjalankan Pemerintahan,’’ ucap mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu ketika ditanya wartawan, di Universitas Negeri Jakarta, Jumat (4/2).

Bagi Syafii, bangsa ini sudah mulai oleng dan menuju ke arah negara gagal. Dan sudah menjadi tugas para tokoh agama untuk kembali mengingatkan apa yang harus dituntaskan Pemerintah. ‘’Akan tetapi semuanya tergantung yang memegang Pemerintah, apakah ingin serius menghilangkan keterpurukan ini atau tidak,’’ ucapnya.

Ia pun menilai berbagai program Pemerintah tak kunjung menghilangkan masalah, justru yang terjadi masyarakat mulai kehilangan kepercayaan kepada Pemerintah. ‘’Pemerintah seperti bermain api, dengan membiarkan kemiskinan dan korupsi merajalela, apalagi KPK yang sedikit bisa dipercaua malah di batasi kekuasaannya,’’ ungkapnya dalam Diskusi Publik untuk Menganalisis Laporan ke Rumah Pengaduan Pembohongan Publik di Bidang Pendidikan, bersama Forum Rektor dan 28 guru besar di Universitas Negeri Jakarta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement