Sabtu 05 Feb 2011 18:41 WIB

Saluran Pipa Gas Diserang, Pasokan ke Israel dan Jordania Terhenti

Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO--Para penyabot yang tidak dikenal menyerang satu pipa saluran milik Mesir yang memasok gas ke Israel dekat Jalur Gaza, Sabtu. Akibat serangan itu, pasokan gas ke Israel dan Yordania terhenti.

Para penyerang yang menggunakan bahan peledak menyerang pipa saluran di kota Lihfen di daerah Sheikh Zuwayed semenanjung Sinai dekat Jalur Gaza, kata pejabat tersebut. Militer melakukan tindakan untuk mencegah kebakaran meluas, kata pejabat lokal Gaber al Araby kepada televisi Mesir. "Kami belum memiliki laporan tentang bagaimana peristiwa itu terjadi," tambahnya.

Radio publik Israel yang mengutip pernyataan seorang pejabat Mesir mengatakan serangan itu dilakukan Sabtu subuh, menggunakan sejumlah kecil bahan peledak yang menimbulkan kerusakan ringan. '' Kebakaran itu hanya berlangsung tiga jam dan telah dikendalikan, sementara pasokan gas ke Israel dan Jordania terhenti, kata pejabat tersebut.

Tidak segera diketahui apakah serangan Sabtu itu ada kaitannya dengan protes-protes terhadap Presiden Hosni Mubarak, yang kini memasuki hari ke 12nya.