Rabu 16 Feb 2011 14:51 WIB

Ponpes Yapi: Ada Pembiaran dari Polisi

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Siwi Tri Puji B
Pesantren YAPI mendapat penjagaan seusai insiden penyerangan pada Selasa (15/2)
Foto: Antara/Musyawir
Pesantren YAPI mendapat penjagaan seusai insiden penyerangan pada Selasa (15/2)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Juru bicara Ponpes Al Ma’hadul Islam Yayasan Persatuan Islam (Yapi), Muhammad Alwi mengatakan penyerangan yang dilakukan kelompok Aswaja Bangil sudah sejak tahun 2007 lalu. "Karena banyak penanganan kasus penyerangan sebelumnya  tidak ada tindak lanjutnya, maka mereka semakin berani dalam bertindak anarkis," katanya.  

Ia membeberkan fakta bahwa seperti perusakan Ponpes Al Ma’hadul Islam putri di Bangil sudah dilaporkannya ke polisi. “Namun, polisi tak bertindak dan menangkap orang itu. Padahal sudah diketahui pelakunya pasti orang-orang itu saja,” katanya.

Pelaku yang selalu menebarkan teror, sambung Alwi, dalam aksinya selalu menggunakan atribut dan menamakan dirinya Aswaja Bangil. “Oknum penceramah yang menyebarkan ajaran kebencian itu memang bermasalah dan mengatasnamakan kelompoknya pengikut Aswaja. Tapi, mereka bukan bagian dari Nahdlatul Ulama (NU),” jelasnya.

Ponpes yang dikelolanya merupakan lembaga pendidikan yang terbuka bagi siapa saja dan non sektarian. “Ajaran Syiah hanya sekitar 20 persen. Ajaran Ahlu Sunnah Wal Jamaah (Aswaja) juga diajarkan disini. Semua mahzab dalam Islam diajarkan,” kata Alwi ketika dihubungi, Rabu (16/2).

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement