Kamis 24 Feb 2011 11:37 WIB

Keberatan BM Film? Ajukan ke Pengadilan Pajak

Red: Johar Arif
Pengadilan Pajak
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pengadilan Pajak

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Direktur Jenderal Bea dan Cukai mempersilahkan pihak yang keberatan dengan penghitungan bea masuk impor film untuk mengajukan keberatan ke Pengadilan Pajak. "Kalau ada yang keberatan silahkan ajukan ke pengadilan pajak, kami akan laksanakan apa pun keputusannya," kata Dirjen Bea dan Cukai, Thomas Sugijata, di sela seminar Economic Outlook 2011 di Kantor Pusat Ditjen Bea dan Cukai Jakarta, Kamis.

Ia menyebutkan, dalam hal pengenaan BM impor film, pihaknya melaksanakannya sesuai aturan yang berlaku. Menurut dia, UU tentang Kepabeanan dan aturan lainnya sudah memasukkan royalti sebagai komponen dalam perhitungan nilai pabean yang kemudian menjadi dasar pengenaan BM. "Nilai pabean itu nilai barang ditambah dengan royalti," katanya.

Ia menyebutkan, ketentuan itu sudah ada sejak disahkannya UU tentang Kepabeanan dan secara internasional juga berlaku seperti yang diatur Organisasi Kepabeanan Internasional (WCO).

Berdasar prinsip itu, Bea Cukai berwenang menguji pemberitahuan yang disampaikan oleh importir. Dalam pemberitahuan pabeannya, ternyata importir hanya memberitahukan biaya cetak copy film tanpa memasukkan royalti ke dalam nilai pabeannya, sehingga Bea Cukai menambahkannya ke dalam perhitungan pabean sesuai ketentuan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement