Sabtu 26 Feb 2011 10:00 WIB

Kini Giliran Jaksa Agung Libya Mundur

Red: Krisman Purwoko
Demonstrasi di Libya
Demonstrasi di Libya

REPUBLIKA.CO.ID,Jaksa Agung Libya Abdul-Rahman Al-Abbar akhirnya menyatakan mundur dari jabatanya sebagai bentuk protes atas aksi kekerasan berdarah rezim terhadap para pengunjuk rasa anti-Khadafi dan bergabung dengan barisan para penentang rezim diktator Libya.

Sebagaimana diberitakan IRNA, Al-Abbar dalam keterangannya menyatakan, "Sesuai dengan sumpah yang saya ucapkan saat dilantik memegang jabatan ini, dan komitmen saya untuk senantiasa berpihak kepada kebenaran dan keadilan serta setia kepada rakyat dan tanah air, maka dengan memperhatikan kenyataan yang ada, saya merasa berkewajiban untuk meletakkan jabatan".

Al-Abbar menambahkan, "Pembantaian dan pertumpahan darah yang dialami rakyat Libya saat ini muncul akibat logika kekerasan dan kekuatan. Rangkain peristiwa ini bertentangan nyata dengan prinsip-prinsip kebenaran dan keadilan".

Orang nomor satu di kejaksaan agung Libya itu juga menekankan kembali sikapnya untuk bergabung bersama Revolusi 17 Februari para pemuda Libya.Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Abdul Fatah Younis dan Menteri Kehakiman Mustafa Muhammad Abd-al-Jalil juga mengumumkan pengunduran dirinya. Langkah pengunduran diri itu juga diikuti oleh sejumlah duta besar Libya di luar negeri termasuk wakil Libya di Unesco.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement