Senin 28 Feb 2011 07:03 WIB

'Saya tidak Agamis dan tak Pernah Menyangka Menjadi Religius'

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
John Clenn Howell
Foto: JOHN CLENN HOWELL
John Clenn Howell

REPUBLIKA.CO.ID, COLOMBUS, AS - Keingintahuan besar John Clenn Howell terhadap Islam terus mengusiknya. Ia tak sekedar bertanya tapi juga mengamati mereka. "Terlihat gamblang bagi saya bahwa ada yang salah dengan cara masyarakat memandang Muslim secara keseluruhan," tuturnya.

Hanya dengan obeservasi sederhana pria kelahiran 17 Oktober 1973 silam ini cukup yakin untuk menyimpulkan bahwa mayoritas besar Muslim adalah normal. Malah, ia menilai mereka sama sekali jauh dari potret fanatik haus darah yang kerap dimunculkan di televisi.

Mengingat dalam Muslim ada pula individu yang menyimpang, maka, ia berpikir Islam pun  bukan ajaran sesat. "Sama dengan Nasrani yang juga tidak terkait dengan ulah orang-orang semacam Timothy McVeigh, David Koresh dan Jim Jones,"

Rasa penasaran Howell berlanjut. Ia pun mulai membaca Al Qur'an dan diluar dugaan, banyak isi dalam kitab suci itu yang akrab baginya. "Ini sangat mengejutkan. Pasalnya ketika saya membuka Al Qur'an saya tidak berharap menemukan sesuatu yang saya kenali," tuturnya.