Senin 28 Feb 2011 15:59 WIB

Menpora Raker Dengan Komisi X Bahas PSSI

Red: Didi Purwadi
Andi Malarangeng
Foto: indonesia-1.com
Andi Malarangeng

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Andi Alifian Mallarangeng, melakukan rapat kerja dengan komisi X DPR RI guna membahas perkembangan dalam tubuh Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. Rapat kerja yang dipimpin Rully Chaerul itu berlangsung di gedung DPR Senayan, Jakarta, Senin (28/2) dan mendapatkan perhatian penuh masyarakat maupun media masa.

Dalam kesempatan tersebut, Menpora menjelaskan sejarah PSSI dan perjalanan para ketua umumnya serta prestasi-prestasi yang telah diraihnya. Andi menjelaskan bahwa PSSI kurun 1983-1991 dipimpin oleh Kardono dan kemudian kurun 1991-1997 dipimpin oleh Azwar Anas. Namun, tambahnya, Azwar Anas menyatakan mengundurkan diri akibat banyaknya kerusuhan pada Ligina. Hal itu sebagai bentuk pertanggungjawabannya.

Pada 1999-2003, PSSI dipimpin oleh Agum Gumelar. "Pak Agum Gumelar tidak bersedia melanjutkan kembali kepemimpinan di PSSI. Kalau tak salah, alasannya karena gagal dalam Sea Games," kata Andi. Baru pada periode 2003-2011, PSSI dipimpin Nurdin Halid.

Andi juga menjelaskan soal pasal 32 ayat (4) dari Statuta FIFA yang intinya berbunyi: pengurus adalah mereka telah aktif dalam sepak bola dan tidak terkena tindakan pidana. "Di sini tidak dijelaskan dalam posisi apa yang dimaksud bahwa aktif dalam sepak bola," kata Andi.