Selasa 08 Mar 2011 17:28 WIB

Dengar Pendapat Radikalisasi Muslim di Capitol Hill akan Soroti Chicago

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Peter King, Ketua Komite Keamanan Dalam Negeri Kongres AS yang menggagas dengar pendapat Radikalisasi Muslim di Capitol Hill
Peter King, Ketua Komite Keamanan Dalam Negeri Kongres AS yang menggagas dengar pendapat Radikalisasi Muslim di Capitol Hill

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO - Di Washington, Komite Kongres Keamanan Dalam Negeri AS, tengah menyiapkan rapat dengar pendapat kontroversial bertema, apakah Muslim Amerika mengalami 'radikalisasi' oleh teroris asing.

Organisasi Islam memandang pemerintah tidak adil dengan hanya membidik satu komunitas saja, yakni Muslim. Salah satu laporan ABC memaparkan mengapa Chicago menjadi episentrum dari perdebatan itu.

Unit antiterorisme di FBI dan Chicago serta unit penuntutan terorisme di kantor Jaksa AS di Chicago baru-baru ini melakuan investigasi, hampir semua penyelidikan melibatkan tersangka Muslim radikal yang terkait dengan grup terorisme luar. Kasus-kasus tersebut--yang telah disidangkan ke pengadilan federal telah membuat Chicago berada dalam radar penuntutan legal kasus ekstrimisme di AS dan menjadi inti diskusi pekan ini di Capitol Hill.

"Sebagai kepala Komite Keamanan Dalam Negeri di Kongres, aya tidak melihat ada pilihan lagi," ujar Peter King, dari partai Republik yang mewakili New York. "Saya harus menginvestigasi, yang pertama seberapa ekstensif radikalisasi yang terjadi? Bagaimana itu dilakukan? Apakah ada tanda-tanda radikalissi yang dapat dilihat? Dan apakah pemimpin komunitas Muslim bekerjasama dengan penegak hukum?"