Selasa 15 Mar 2011 11:40 WIB

Reaktor Keempat Terbakar, Level Radiasi Meningkat Tajam

PLTN Fukushima mengeluarkan asap tampak dari atas
Foto: AP
PLTN Fukushima mengeluarkan asap tampak dari atas

REPUBLIKA.CO.ID,SOMA-Kebakaran terjadi di reaktor keempat PLTN Fukushima Dai-ichi yang tak beroperasi, Selasa. Sekretaris Kabinet Yukio Edano mengatakan reaktor keempat yang terbakar ini dipercaya menjadi penyebab meningkatnya kebocoran radiasi karena keluarnya hidrogen yang memicu kebakaran.

Kini, keempat reaktor sudah mengalami kebocoran radiasi. Tiga reaktor lainnya sudah berada dalam kondisi kritis sejak gempa bumi Jumat lalu. Ketiganya tak mampu didinginkan dan terjadi kebocoran radiasi. Selasa, selain terjadi kebakaran pada reaktor keempat, juga terjadi ledakan di reaktor ketiga.

PM Naoto Kan hari ini mengeluarkan peringatan terbaru akan bahaya radiasi hingga radius 30 km. Warga dalam radius ini diperingatkan agar berada di dalam rumah. Ia mengingatkan masih akan banyak radiasi yang bocor ke udara. Sebelumnya, sekitar 180 ribu warga telah diungsikan dari radius 20 km. Belum diketahui jumlah warga yang berada dalam radius 20 hingga 30 km.

Kebakaran di reaktor keempat berhasil dipadamkan. Namun, kebocoran radiasi dari reaktor ini tak terhindarkan. “Level radiasi meningkat tajam karena kebakaran di reaktor keempat,” kata Edano di televisi.

sumber : AP
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement