Selasa 15 Mar 2011 11:57 WIB

Tingkat Radiasi PLTN Fukushima Membahayakan Kesehatan

Asap membumbung usai ledakan di reaktor nomor 3 PLTN Fukushima, Senin (15/3).
Foto: AP
Asap membumbung usai ledakan di reaktor nomor 3 PLTN Fukushima, Senin (15/3).

REPUBLIKA.CO.ID,SOMA-Radiasi dari PLTN Fukushima Dai-ichi kini berada dalam level yang membahayakan kesehatan manusia. Level radiasi meningkat tajam setelah reaktor keempat terbakar, Selasa, dan dipercaya terjadi kebocoran radiasi dari reaktor tersebut. Dengan demikian, keempat reaktor di PLTN tersebut telah mengalami kebocoran radiasi.

Pemerintah mengingatkan agar warga dalam radius 30 km diam di rumah dan menutup semua pintu dan jendela. Sebelumnya, pemerintah telah mengevakuasi warga dari radius 20 km. Belum jelas berapa warga yang berada dalam radius 20-30 km.

 “Level radiasi ini bisa merusak kesehatan manusia,” ungkap Sekretaris Kabinet Yukio Edano. Ia mengatakan level radiasi yang terbaca pada alat detektor di dekat wilayah yang terjadi kebocoran berada di atas ambang. “Level ini harusnya jauh di bawah,” katanya. “Angka ini berpotensi merusak kesehatan. Ini sudah jelas.”

Level radiasi di sekitar salah satu reaktor terbaca pada sebesar 400,000 microsivert per jam, empat kali di atas ambang kesehatan.

“Mohon jangan keluar rumah. Tutup jendela dan segel rumah Anda sehingga kedap udara. Jangan hidupkan ventilator. Jemur pakaian di dalam rumah,” sambungnya. 

sumber : AP
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement