Kamis 17 Mar 2011 22:25 WIB

Radiasi Nuklir Tingkat Tinggi Sudah Menjangkau 30 km dari Fukushima

Pemindaian radiasi terhadap warga di Koriyama, Fukusima.
Foto: AP
Pemindaian radiasi terhadap warga di Koriyama, Fukusima.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO--Situasi pencemaran radioaktif dari reaktor nuklir Fukushima, Jepang, makin tak menentu. Kantor berita NHK mengutip Kementerian Ilmu Pengetahuan Jepang, menyatakan tingkat radiasi tinggi terdeteksi sejauh 30 km dari reaktor Fukushima.

Dari pengukuran Kementerian Ilmu Pengetahuan Jepang, ditemukan tingkat radiasi hingga 0,17 millisieverts per jam di wilayah  30 kilometer barat laut dari pembangkit listrik yang rusak, Kamis. Para ahli mengatakan paparan level tersebut selama 6 jam akan mengakibatkan penyerapan maksimum  untuk setahun.

Sebelumnya pemerintah telah menginstruksikan penduduk yang tinggal dalam radius 20 sampai 30 kilometer dari reaktor untuk tinggal di dalam rumah. Kementerian mengukur radiasi di 28 titik, Kamis, selama  9.20-3.00 pagi di jarak 20 sampai 60 kilometer dari reaktor.

Kementerian juga mengamati tingkat radiasi dari 0,0183-0,0011 millisieverts per jam di sebagian besar titik pengamatan. Kementerian mengklaim tingkat ini lebih tinggi dari normal tetapi tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap kesehatan.

sumber : NHK
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement