Ahad 20 Mar 2011 21:30 WIB

Enam Pekerja Rekator Fukushima Mengidap Radiasi Tingkat Tinggi

pekerja PLTN Fukushima mengenakan kaus tangan sebelum
Foto: AP
pekerja PLTN Fukushima mengenakan kaus tangan sebelum

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO--Enam pekerja di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima dikhawatirkan mengalami tingkat radiasi yang jauh melewati batas normal. Mereka terkena radiasi karena sedang melaksanakan operasi darurat mengamankan kompleks nuklir Fukushima.

Demikian dikabarkan Kantor berita Kyodo. Tepco (perusahaan listrik Jepang) mengatakan enam karyawan reaktor mengidap lebih dari 100 millisieverts radiasi. Namun mereka tidak dibebastugaskan.

Mereka hanya dipindahkan ke tugas lain. Sejauh ini, belum ada tanda-tanda abnormal dari keenam karyawan ini. Sebelumnya pemerintah telah meningkat menjadi 250 mSv batas bagi mereka yang bekerja dalam operasi darurat.

"Saya pikir situasinya meningkat langkah demi langkah," kata sekretaris kabinet wakil kepala, Tetsuro Fukuyama, dalam jumpa pers.

Tepco telah membuat permintaan maaf publikkarena banyak dikritik tidak cukup terbuka tentang masalah-masalah di reaktor. Kepala juru bicara pemerintah, Yukio Edano, menegaskan reaktor Fukushima tidak akan digunakan lagi.

Badan keselamatan nuklir mengatakan fasilitas bisa dikubur di pasir dan beton, seperti yang terjadi di Chernobyl setelah bencana nuklir pada tahun 1986, namun mengatakan bahwa mencoba untuk mendinginkan reaktor tetap prioritas untuk saat ini.

sumber : kyodo news
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement