Rabu 21 Jul 2010 18:03 WIB

Inggris Tinjau Dokumen Pembebasan Pengebom Lockerbie

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON--Perdana Menteri Inggris David Cameron sudah meminta peninjauan berbagai dokumen pemerintah yang terkait pembebasan pelaku pengeboman Lockerbie.Peninjauan terhadap dokumen-dokumen tersebut dimaksudkan untuk mengetahui apakah ada yang masih harus dipublikasi. Namun PM Cameron menegaskan tidak perlu ada penyelidikan Inggris terhadap kasus itu.

"Kami akan meninjau kembali informasi ini dan akan melihat apakah masih ada yang harus disampaikan ke publik," kata Cameron dalam konferensi pers bersamanya dengan Presiden Barack Obama, Selasa.

Presiden Obama sendiri mengatakan, ia yakin Pemerintah Inggris akan bekerja sama untuk memastikan semua fakta diketahui tentang pelepasan warga negara Libya itu.

Pekan lalu, beberapa senator AS telah meminta Menteri Luar Negeri Hillary Clinton agar menyelidiki BP dalam kasus Lockerbie.Penyelidikan itu dimaksudkan untuk mengungkap apakah BP menekan pemerintah Inggris agar membebaskan pelaku pemboman Lockerbie demi melindungi kesepakatan yang menguntungkan dengan Libya.