Senin 28 Feb 2011 17:37 WIB

Menteri LH Resmikan Bank Sampah di Padang

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--Menteri Lingkungan Hidup (LH) Gusti Muhammad Hatta meresmikan Gedung Bank Sampah di Padang bersamaan pelaksanaan peringatan hari peduli sampah tahun 2011 ke-6 tingkat Nasional, di Padang, Senin (28/2). "Kota Padang ditunjuk sebagai pusat penyelenggaraan peringatan hari peduli sampah, yang dilaksanakan di Komplek Perumahan Danau Teduh Kecamatan Lubuk Kilangan Padang, merupakan penghargaan yang luar biasa bagi warga kota Padang," kata Wakil Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah di Padang, Senin.

Menurut dia, atas penghargaan demikian, akan makin memotivasi warga Kota Padang lebih bergiat lagi dalam mengelola sampah dengan mengaplikasikan konsep 3R (Reduce, Relice dan Recyle). Dengan adanya stimulasi baru tersebut, katanya lagi, dapat diharapkan Kota Padang akan menjadi salah satu daerah terkemuka di Indonesia dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah. "Demikian pula terima kasih kepada bapak Menteri, bapak Gubenur Sumbar dan Bupati/Wali Kota se s-Sumatera Barat yang turut mendukung acara ini," katanya.

Ia mengatakan, Hari Peduli Sampah Tingkat nasional sudah di mulai sejak 24 Februari 2011, di Padang, antara lain berupa pelatihan pemanfatan sampah plastik bagi ibu-ibu rumah tangga dan anggota PKK Kota Padang selama tiga hari. Acara tersebut diikuti 90 peserta yang langsung disponsori Kementerian Lingkungan Hidup dan PKK Kota Padang.

Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta mengatakan Kota Padang adalah daerah yang selalu bersih karena masyarakatnya mayoritas pemeluk agama Islam yang taat, karena dikatakan kebersihan itu sebagaian dari iman. "Karena itu saya bahagia dan senang berada di Kota Padang. Baru tiba di Padang di sepanjang jalan terlihat sungai dan selokan bersih dari sampah," katanya.

Jadi, katanya lagi, bila sampah di kelola dengan baik secara professional akan dapat menjadi sebuah penghasilan dan pendapatan nantinya. Ia memberi contoh, seperti peci yang sedang dipakainya itu adalah terbuat dari sampah plastik. "Mari kita budayakan, jangan buang sampah sembarang tempat, buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan, kepedulian kita semua tentang sampah akan membuat kita bahagia sebab sampah sudah dapat di manfaatkan sebagai sumber pendapatan," katanya.

Setelah upacara peringatan hari peduli sampah itu Menteri Lingkungan Hidup --di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Barat, Mahmuda Rifa'i-- menyerahkan secara sembolis mesin pengelolaan sampah kepada Wakil Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansyarullah. Selain itu juga penyerahan bantuan CSR PT. Semen Padang kepada Bank Sampah Barokah Assalam. Menteri LH juga menyaksikan demo pembuatan kompos, peletakan batu pertama pembangunan kantor Bank Sampah Barokah dan aksi penanaman pohon oleh Menteri LH.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement