Sabtu 19 Jun 2010 05:18 WIB

Tabung Gas 3 Kg Kembali Telan Korban

Rep: C16/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,AKARTA -- Ledakan tabung gas ukuran 3 kilogram kembali menelan korban. Kali ini ledakan tabung gas terjadi di sebuah rumah kontrakan di Jalan Djawahir RT 17 RW 06 nomor 133, Kelurahan Cilandakbarat, Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan.

Menurut saksi mata yakni warga sekitar rumah yang terkena ledakan, Lastri (40), suara ledakan terdengar sekitar pukul 12.00 WIB. “Saya kaget tiba-tiba terdengar suara meledak dua kali,” ujarnya.

Ledakan tersebut seketika membuat kobaran api yang menghanguskan dua kontrakan sekaligus. Menurut Kapolsek Cilandak, Azhar Nugroho, ledakan yang pertama tersebut berasal dari tabung gas 3,5 kilo, ledakan kedua diprediksi dari motor korban yakni Honda GL Pro yang meledak setelah api menjalar.

Tak lama setelah api menjalar, tim pemadam kebakaran dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran (Sudin Damkar) mendatangi lokasi kejadian. Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Jakarta Selatan, Muchtar, mengatakan sebanyak 10 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakan api.

Menurut Muchtar, api langsung dapat dikuasi 30 menit setelah kejadian, yakni sekitar pukul 12.30 WIB. " Kendala yang kita hadapi selama pemadaman yakni lokasi ada di daerah padat penduduk ," jelasnya.

Menurut Lastri rumah kontrakan tempat tabung gas meledak tersebut dihuni oleh kurang lebih 5 orang. Mereka diketahui berprofesi  pedagang pecel lele di kawasan Fatmawati dan Antasari. Namun pemilik usaha sedang tidak berada di lokasi. "Bosnya lagi di luar kota," katanya.

Fahmi (42) warga lainnya, mengatakan sebelum peristiwa naas tersebut terjadi ada tiga orang yang berada di dalam kontrakan. Namun, saat ledakan terjadi satu orang lainnya sedang membeli makanan sehingga hanya dua korban yang terbakar.

Menurut Keterangan para polisi dari Polsek Cilandak,  saat peristiwa terjadi korban Yadi (20)berada di kamar mandi. Sedangkan Sugiarto (21) sempat berlari keluar rumah namun api sudah membakar seluruh tubuhnya.

“Yadi (20) ditemukan langsung meninggal di tempat. Sugiarto sempat keluar dan ditarik warga, tapi tetap sudah tidak bisa ditolong ia meninggal dalam perjalanan ke RS fatmawati," ujar Kapolsek Cilandak, Azhar Nugroho.

Kedua korban diketahui berasal dari Tuban Jawa Timur. “Keluarganya kemungkinan akan dihubungi oleh pihak rumah sakit,” jelas Azhar.

Menurut para tetangga korban dalam kontrakan tersebut terdapat 13 tabung gas berukuran 3 kilogram. "Tabungnya kan buat stok dagang jadinya banyak," ujar Fahmi.

Saat ini, Azhar menambahkan, barang bukti berupa motor yang meledak dan ketigabelas tabung gas berukuran 3 kilogram tersebut sudah dibawa petugas pusat laboratorium forensik (Puslabfor) untuk diselidiki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement