Rabu 22 Sep 2010 05:35 WIB

Akibat Jalan Martadinata Ambles, Pengusaha Angkutan Rugi Rp 1 M per Hari

Rep: Ilyas/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Amblesnya Jalan RE Martadinata terus membuat ketenangan masyarakat terusik. Setelah sopir angkutan resah, kini pengusaha angkutan pelabuhan juga resah. Mereka mengeluhkan penutupan jalan tersebut membuat biaya perjalanan membengkak.

Menurut Ketua Organda DKI Jakarta, Sudirman, penutupan Jalan RE Martadinata pasca-amblesnya jalan tersebut Kamis (16/9) lalu sangat menggangu produktivitas dan mobilitas angkutan pelabuhan. Hal itu  karena jalan ambles menyebabkan kemacetan.

"Jalan tidak ditutup pun, di Sunter sudah macet. Apalagi semakin ditutup, pasti macet semakin parah," kata Sudirman di Jakarta, Selasa (21/9). Bahkan, akibat penutupan jalan, pengusaha memperkirakan kerugian yang dialami mencapai hingga 1 miliar rupiah per hari. "Jumlah itu dihitung dari mobilitas yang tertunda akibat penutupan jalan," jelasnya.

Dikatakan Sudirman, dalam sehari tidak kurang dari 2.000 unit kendaraan angkutan pelabuhan menggunakan Jalan RE Martadinata. Oleh karenanya, penutupan jalan tersebut sangat mengurangi tingkat produktivitas kendaraan-kendaraan itu. "Biasanya dalam sehari, angkutan kendaraan bisa sampai 2 hingga 3 rit. Kalau sekarang, karena macet parah hanya 1 kali," lanjut dia.