Jumat 05 Nov 2010 06:43 WIB

Pembangunan Tiga Koridor Busway Perlu Dana Sangat Besar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menunda pembangunan tiga koridor busway yaitu Koridor XIII (Ciledug-Blok M), Koridor XIV (Kalimalang-Blok M) dan Koridor XV (Depok-Manggarai). Asisten Pembangunan DKI Tauchid Cakra Amidjaya mengatakan penundaan pembangunan tiga koridor terakhir busway karena ada persoalan di lapangan.

Tauchid mengatakan persoalan yang muncul adalah tidak mungkin menggunakan badan jalan yang ada pada tiga koridor tersebut karena sempit sehingga harus dibuat jalan layang khusus. Pembangunan jalan layang busway tersebut tidak mungkin direalisasikan dalam waktu dua tahun terakhir karena membutuhkan biaya yang sangat besar.

"Sekarang masih dikaji kemungkinannya. Tapi memang jalurnya harus dibuat track khusus. Kalau ditanya apa ada kemungkinan bisa selesai 15 koridor, kami belum bisa jawab," katanya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengakui tiga koridor busway tersebut harus dibangun sebagai jalan layang (elevated way). "Misalnya Jalan Pasar Minggu. Kalau ada busway, pasarnya mau dikemanakan. Ini kan butuh jalur elevated. Jika double track harus dibangun, anggaran tidak cukup," tambahnya.

sumber : Ant
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement