Kamis 02 Dec 2010 02:56 WIB

IKAPI DKI Jakarta Kembali Gelar Islamic Book Fair

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta akan menggelar kembali hajat tahunan Islamic Book Fair (IBF) yang ke-10. Acara akan digelar pada tanggal 4-13 Maret 2011.

Menurut Ketua IKAPI DKI Jakarta, Afrizal Sinaro, IBF bertujuan untuk  meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia sehingga berkonstribusi terhadap upaya pencerdasan bangsa. Perhelatan seperti ini cukup efektif. Terbukti dengan animo peserta dan para pengunjung sangat besar. Bahkan terjadi peningkatan jumlah peserta dari tahun ke tahun.

Tahun 2010 lalu total partisipan sebanyak 302 peserta, meningkat menjadi 368 pada tahun 2011. ”Prestasi besar mengingat kali pertama diselenggarakan di 2002 peserta hanya berjumlah 70 partisipan,” kata Afrizal saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/12)  

Namun demikian, ungkap Afrizal, sayangnya prestasi tersebut tidak mendapat dukungan pemerintah. Padahal, IBF merupakan salah satu media efektif untuk mendorong kesadaran warga negara akan pentingnya budaya membaca. Sejak pertama kali diadakan, IBF dilakukan secara swadaya oleh para anggota IKAPI DKI Jakarta yang saat ini berjumlah 280 penerbit.

Karenanya, keterlibatan pemerintah sangat diperlukan utamanya membantu fasilitas atau pun dana. Mengingat, jumlah partisipan yang kian membludak memerlukan tempat penyelenggaraan representatif.  “Konstribusi pemerintah akan sangat membantu memaksimalkan fungsi IBF,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Iwan Setiawan mengatakan, IBF kali ini mengangkat tema 'Khazanah Islam Untuk Peradaban Bangsa'. Tema tersebut penting sebagai wujud kepedulian umat Muslim terhadap krisis multidimensi yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia. Sehingga diharapkan, ajang IBF mampu memberikan inspirasi untuk mencintai buku dan mendalami khazanah-khazanah Islam agar berpengaruh terhadap upaya perbaikan Bangsa.

Sebanyak 350 stan akan disiapkan dan sekitar 95 persen dari total tersebut sudah diisi. IBF, kata Afrizal, akan diramaikan dengan berbagai rentetan acara seperti bedah buku, pentas seni Islam, dan workshop. “IBF juga akan diramaikan dengan tilawah jamaah yang melibatkan 2011 peserta undangan,” tegasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement