Kamis 16 Dec 2010 02:41 WIB

Duh, Penderita Kaki Gajah di Depok Terus Meningkat

Rep: c23/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK- Penderita penyakit kaki gajah atau filariasis meningkat di Kota Depok. Dari sebelumnya terdapat 37 orang pada akhir November 2010 menjadi 42 penderita Filariasis hingga hari ini.

Menurut kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Depok, Ani Rubiani,  dengan banyaknya penderita filariasis di Depok,  maka diadakan pengobatan massal. Pengobatan itu sudah dilakukan pada 4 dan 11 Desember lalu.

"Saat ini, petugas kita masih melakukan  sweeping bagi warga yang belum mendapatkan pengobatan,” ujar Ani yang ditemui Republika di kantornya, Rabu (15/12) siang.

Ani menuturkan, 42 warga penderita filariasis tersebut tersebar di semua wilayah Kota Depok. Dirinya mengaku, masyarakat baru melaporkan setelah dalam keadaan kronis seperti kaki yang membesar.

Ia menuturkan, Dinkes pernah mengadakan survei untuk penyakit ini pada tahun 2004. Saat itu ditemukan sebanyak 600 orang di dua kelurahan yaitu Grogol dan Krukut yang menderita penyakit ini. Survey tersebut, imbuhnya, dilakukan pada malam hari dengan mengambil sampel darah pada ujung jari warga.

Survey serupa, imbuhnya, dilakukan pada 2005 pada warga kelurahan Tapos dengan mengambil sampel sebanyak 500 warga. Hasilnya cukup mencengangkan, sebanyak 2,1 persen terjangkit mikrofilaria. Jumlah ini, cukup besar karena lebih dari satu persen yang ditetapkan pemerintah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement