Rabu 22 Dec 2010 05:47 WIB

Nah Lho..Penonton di Stadion Gelora Bung Karno Dilarang Merokok

Rep: c22/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Stadion Gelora Bung Karno (GBK) termasuk gedung kawasan dilarang merokok. Artinya, merujuk pada Pergub nomor 88 tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok dan Penghapusan Tempat Khusus Rokok, gedung ini seharusnya melarang para penonton untuk merokok di dalamnya.

Kepala Bidang Penegakan Hukum Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLHD) DKI Jakarta  Ridwan Panjaitan mengatakan, gedung GBK masuk dalam kawasan dilarang merokok. Meskipun bentuknya terbuka, tetapi karena ada atap yang menutupinya maka gedung tersebut masuk dalam ruangan tertutup. “Pekan ini kami akan selesaikan proses surat ke pengelola GBK,” ujar Ridwan.

Apalagi pada 29 Desember mendatang, laga final piala AFF akan digelar di gedung tersebut. Diperkirakan akan ada lebih dari 80 ribu orang menikmati pertandingan sepak bola. Sebelum pertandingan itu dimulai, pemprov akan menyurati pengelola GBK untuk ikut mengimplementasikan pergub tersebut.

Asisten Kesejahteraan Masyarakat, Mara Oloan Siregar mengatakan, pengelola GBK diminta memfasilitasi tegaknya Pergub Nomor 88 tahun 2010. Pihaknya akan meminta petugas yang menjaga gerbang masuk GBK untuk memberitahukan secara persuasif untuk tidak merokok dan tidak membakar berbagai macam barang termasuk petasan.

Pemprov DKI juga akan memberikan beberapa spanduk sosialisasi Pergub Nomor 88 tahun 2010 ini kepada pengelola GBK. “Petugas di depan pintu diminta untuk memperingatkan kepada penonton untuk tidak merokok. Tetapi perlu sampai dilakukan sweeping,” ujarnya pada Selasa, (21/12). Selain itu ia juga meminta kepada sesama penonton pertandingan dapat saling mengingatkan untuk tidak merokok.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاِنْ كُنْتُمْ عَلٰى سَفَرٍ وَّلَمْ تَجِدُوْا كَاتِبًا فَرِهٰنٌ مَّقْبُوْضَةٌ ۗفَاِنْ اَمِنَ بَعْضُكُمْ بَعْضًا فَلْيُؤَدِّ الَّذِى اؤْتُمِنَ اَمَانَتَهٗ وَلْيَتَّقِ اللّٰهَ رَبَّهٗ ۗ وَلَا تَكْتُمُوا الشَّهَادَةَۗ وَمَنْ يَّكْتُمْهَا فَاِنَّهٗٓ اٰثِمٌ قَلْبُهٗ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ عَلِيْمٌ ࣖ
Dan jika kamu dalam perjalanan sedang kamu tidak mendapatkan seorang penulis, maka hendaklah ada barang jaminan yang dipegang. Tetapi, jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya (utangnya) dan hendaklah dia bertakwa kepada Allah, Tuhannya. Dan janganlah kamu menyembunyikan kesaksian, karena barangsiapa menyembunyikannya, sungguh, hatinya kotor (berdosa). Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Baqarah ayat 283)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement