Rabu 26 May 2010 06:35 WIB

Lagi, Miras Oplosan Rengguta Enam Nyawa

Rep: maspriel aries/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG --- Minuman keras (miras) oplosan merambah Sumatera Selatan (Sumsel). Sejak awal Mei 2010 sampai akhir pekan lalu sudah enam orang tewas akibat miras tersebut. Korban yang tewas di Kota Prabumulih empat orang, dua orang korban lainnya yang tewas warga Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Di Kabupaten Muba, dua orang korban yang tewas, Mustafa, 40 tahun dan Zakaria, 38 tahun adalah warga Kelurahan Kayuara, Kecamatan Muba. Mereka tewas setelah melakukan pesta miras bersama dua orang warga lainnya, Rahman, 35 tahun dan Tam, 38 tahun yang kini dalam keadaan kritis dirawat di RSU Daerah Sekayu.

Menurut keluarga korban Mustafa, sebelum tewas korban sempat merasa nyeri lambung kemudian dibawa ke RSUD Sekayu. Saat dalam perawatan Mustafa mengaku pada Ahad, 23 Mei 2010 sempat minum miras oplosan bersama teman-temannya. Korban lainnya, Zakaria juga sempat menjalani perawatan di RSUD Sekayu, namun nyawanya tidak dapat tertolong dan tewas di rumah sakit.

Tenaga medis di RSUD yang menangani korban Mustafa enggan menjelaskan tentang  penyebab korban tewas. Menurut seorang tenaga medis, korban datang ke RSUD Sekayu dalam kondisi yang kritis dengan nafas yang terputus-putus dan tubuh lemah, serta tekanan darah yang tinggi.