Kamis 15 Jul 2010 23:37 WIB

Akses Bank Puluhan Ribu Korban Lumpur Lapindo Ditutup

Rep: Asan Haji/ Red: Budi Raharjo
Luapan lumpur Lapindo
Foto: Erik Ireng/Antara
Luapan lumpur Lapindo

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO--Sekitar 49 ribu korban lumpur Lapindo tidak hanya kehilangan rumah dan tempat tinggal serta tempat usaha. Mereka juga kehilangan usaha dan  akses kredit ke perbankan. Sebab, selama ini tidak ada pihak bank mana pun, termasuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang beroperasi di desa-desa mau memberikan kredit kepada mereka.

Akses korban lumpur lapindo itu ke perbankan kini tertutup. ‘’Praktis, kami selama ini hanya menganggur atau menunggu hak yang harus dibayar PT Menarak Lapindo Jaya. Kami tak bisa bekerja apa pun, karena tidak mempunyai modal usaha,’’ keluh Siti Saudah yang diamini Lilik Kaminah warga Siring, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Kamis (15/7).

Sementara, tandas dia, seluruh warga korban lumpur itu sudah tidak mempunyai akses lagi ke perbankan. Untuk mendapatkan kredit dikatakan tak mungkin. Alasannya, perbankan tak ada yang bersedia untuk memberikan bantuan kredit permodalan kepada mereka.

Hal senada juga diungkapkan Relawan Korban Lumpur Lapindo Sidoarjo, Paring Waluyo Utomo. Menurut dia, warga korban lumpur memang sudah tidak memiliki akses lagi ke perbankan. ‘’Bahkan, BI melarang perbankan untuk memberikan kredit pada korban lumpur,’’ ungkapnya.

Alasan BI melarang perbankan memberikan kredit pada korban lumpur itu, kata dia, karena aspek domisili yang dikategorikan sudah tidak jelas lagi. Sehingga, korban lumpur sebanyak 49 ribu warga itu tak mungkin mendapatan akses kredit melalui perbankan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَىِٕنْ اَتَيْتَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ بِكُلِّ اٰيَةٍ مَّا تَبِعُوْا قِبْلَتَكَ ۚ وَمَآ اَنْتَ بِتَابِعٍ قِبْلَتَهُمْ ۚ وَمَا بَعْضُهُمْ بِتَابِعٍ قِبْلَةَ بَعْضٍۗ وَلَىِٕنِ اتَّبَعْتَ اَهْوَاۤءَهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَاجَاۤءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ اِنَّكَ اِذًا لَّمِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۘ
Dan walaupun engkau (Muhammad) memberikan semua ayat (keterangan) kepada orang-orang yang diberi Kitab itu, mereka tidak akan mengikuti kiblatmu, dan engkau pun tidak akan mengikuti kiblat mereka. Sebagian mereka tidak akan mengikuti kiblat sebagian yang lain. Dan jika engkau mengikuti keinginan mereka setelah sampai ilmu kepadamu, niscaya eng-kau termasuk orang-orang zalim.

(QS. Al-Baqarah ayat 145)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement