Selasa 03 Aug 2010 19:52 WIB

Presiden SBY: Optimalkan Potensi Kepulauan

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Endro Yuwanto
Presiden SBY
Presiden SBY

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan, Indonesia terdiri 17 ribu pulau. Pulau-pulau tersebut harus dimanfaatkan secara optimal bagi kesejahteraan rakyat. Ia meminta agar potensi pariwisata dan perikanan dari pulau-pulau itu bisa digali dengan maksimal.

Hal itu disampaikan Presiden SBY ketika meresmikan perhelatan Sail Banda 2010 di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Selasa (3/8). "Ribuan pulau itu harus dimanfaatkan secara optimal bagi rakyat," kata Presiden. Acara tersebut dihadiri sepuluh menteri dan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu. Duta besar dan pimpinan lembaga internasional juga hadir dalam acara itu.

Dalam arahannya, Presiden SBY mengatakan, pembangunan bangsa ke depan harus seimbang darat dan laut. Menurut dia, Kepulauan Maluku memiliki potensi perikanan yang besar dengan jumlah 64 juta ton per tahun. "Ini potensi besar yang harus dimanfaatkan," jelasnya.

Presiden SBY menegaskan, pemerintah sudah berketetapan untuk membangun bidang perikanan dan kelautan, khususnya pembangunan dermaga dan tempat penampungan ikan. "Kita juga terus meningkatkan keamanan laut," katanya.