Sabtu 06 Nov 2010 07:08 WIB

Wagub Jatim Sayangkan Sikap Wali Kota Surabaya

Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyayangkan sikap Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang terus menolak rencana pembangunan jalan tol tengah kota. "Harusnya dia bisa bersikap melunak, jangan menolak sesuai keinginannya sendiri," katanya saat ditemui usai berziarah di makam Sunan Ampel, Surabaya, Jumat (5/11).

Menurut dia, pembangunan tol itu sudah sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kota Surabaya yang kemudian diputuskan dalam Peraturan Presiden. "Kalau tidak ada RTRW dari Pemkot Surabaya, tentu tidak akan muncul pembangunan tol tengah kota itu," katanya.

Apalagi, lanjut Wagub, lambat laun kondisi lalu lintas di Kota Surabaya semakin macet akibat pertumbuhan kendaraan bermotor yang tak terkendali. "Belum lagi makin banyaknya investor di Kota Surabaya sehingga pembangunan jalan tol di tengah kota itu memang sangat mendesak dilakukan," katanya.

Seharusnya pembangunan jalan tol tengah kota itu sudah dimulai sejak tahun lalu, namun terganjal sikap Pemkot Surabaya. "Kalau memang menolak, alasannya apa. Jangan berdebat terus, sementara kemacetan terus berlangsung," kata mantan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal itu.