Sabtu 11 Dec 2010 20:27 WIB

Ribuan Truk Masih Mengantre di Pelabuhan Merak

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,MERAK--Ribuan truk angkutan sembako dan pakan ternak hingga Sabtu dininari masih tertahan di Pelabuhan Merak, Provinsi Banten, di mana kendaraan tersebut masih mengantre di area parkir ASDP dan jalan raya Cikuasa Atas. "Saya belum tahu kapan, akan diberangkatkan dan diseberangkan ke Bakauheni, Lampung," kata salah seorang supir truk angkutan pakan ternak, Junaedi.

Dia menjelaskan, sampai saat ini yang diketahui, tertahannya ribuan truk di kantung-kantung parkir dan jalan layang di Cikuasa Atas, Merak disebabkan adanya gangguan cuaca, sehingga jadwal keberangkatan kapal terlambat.

"Informasi dan keterangan yang saya dapat dari petugas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), katanya ada gangguan cuaca, gelombang tinggi dan angin kencang," katanya.

Penjelasan senada disampaikan oleh supir truk angkutan Sembako, Ismail. Menurut dia, kabar dari pihak ASDP, bahwa antrean baru diatasi pada hari Minggu (12/12). "Katanya menunggu satu hari lagi, baru semua kendaraan dapat diseberangkan ke Bakauheni, Lampung," katanya menambahkan.