Sabtu 25 Dec 2010 00:05 WIB

Bromo Keluarkan Kerikil dan Bebatuan Berukuran Lebih Besar

Rep: Asan Haji/ Red: Siwi Tri Puji B
Gunung Bromo
Gunung Bromo

REPUBLIKA.CO.ID, PROBOLINGGO –  Erupsi Gunung Bromo  mengalami peningkatan lagi. Selain mengeluarkan kepulan asap hingga ketinggian 2000 meter, gunung yang secara administratif berada di Kabupaten Probolinggo itu juga mengeluarkan strombolian eruptions (krikil dan bebatuan).

Karenanya, Pusat Vulkanologi dan Metigasi Bencana Geologi kembali menurunkan tim khusus yang beranggotakan enam orang ke Gunung ‘’Brahma’’ itu. Kepulan asapnya diyakini bakal menggangu penerbangan. Meski begitu, status Siaga Bromo masih belum berubah menjadi awas.

‘’Aktivitas Bromo mulai meningkat lagi. Tapi, kondisinya masih siaga. Kita sudah menurunkan tim ke lokasi,’’ tutur Kepala Bidang Vulkanologi dan Pergerakan Tanah dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, Gede Suantika saat dihubingi via telepon selularnya, Jum’at (24/12).

Tim PVMBG itu ditugaskan untuk memantau dan melakukan evaluasi terhadap erupsi yang terjadi akhir-akhir ini.  Menurut dia, aktivitas Gunung Bromo saat ini sudah mulai serius lagi. Alasannya, setiap erupsi selalu mengeluarkan  strombolian dari kawah berupa material vulkanik seperti kerikil dan bebatuan yang ukurannya lebih besar dibandingkan sebelumnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement