Sabtu 12 Feb 2011 23:27 WIB

Petani Salak Pondoh Korban Merapi Segera Terima Bantuan

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Kebon salak pondoh rusak ditimpa abu Merapi
Foto: REZEKI.ABATASA.COM
Kebon salak pondoh rusak ditimpa abu Merapi

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN - Petani salak pondoh di Kabupaten Sleman yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi tak lama lagi memperoleh bantuan bibit salak dan pupuk. Realisasi bantuan bibit bagi petani salak pondoh yang terkena dampak erupsi Merapi akan diberikan tahun ini, demikian kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Sleman, Slamet Riyadi Martoyo, Sabtu (12/2).

"Para petani salak yang terkena dampak erupsi Gunung Merapi dapat mengajukan permohonan ke Dinas Pertanian Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).  Menurut dia, program bantuan bibit salak pondoh dan pupuk tersebut akan dimasukkan dalam bantuan sosial (bansos).

"Kami targetkan tahun ini, selama masih musim penghujan karena kalau sudah masuk musim kemarau, maka bantuan bisa percuma sebab akan sulit untuk mengawali menanam pohon salak," katanya.

Ia mengatakan, dengan mekanisme bansos tersebut, maka pemilik lahan salak pondoh harus mengajukan permohonan bantuan kepada dinas Provinsi DIY. Pasalnya bantuan tersebut menggunakan dana dari propinsi.