Kamis 22 Jul 2010 23:45 WIB

Peserta Sail Banda Bakal Disambut Atraksi Budaya Wakatobi

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI--Perseta Sail Banda yang bertolak ke Wakatobi pada 13 Agutus nanti akan disambut dengan pagelaran berbagai atraksi budaya yang kemas dalam ivent Festival Budaya Wakatobi.

"Begitu kapal perserta Sail Banda tiba, kita menyambut mereka dengan acara tradisi Bangka Mbule-mbule. Ribuan kapal motor dan perahu nelayan, berpawai mengiringi kapal-kapal peserta Sail Banda merapat ke pelabuhan," kata Bupati Wakatobi, Hugua, Kamis (22/7).

Hugua mengatakan, Bangka Mbule-mbule, merupukan tradisi ritual masyarakat Suku Bajo di Wakatobi, dalam memohon kemurahan hati penguasa laut, agar melimpahkan rejeki bagi para nelayan, dan menjauhkan mereka (para nelayan-red) dari berbagai mara bahaya, terutama bencana kecelakaan laut akibat amukan badai gelombang laut. Tradisi tersebut digelar masyarakat adat Suku Bajo, sekali dalam setahun.

Tradisi ini diawali dengan melarung sesajen ke laut. Usai ritual pelarungan sesajen yang dipimpin kepala adat, para nelayan yang menggunakan perahu, berpawai keliling perairan laut sekitar pantai tempat ritual tersebut dilaksanakan. "Jadi ritual ini, merupakan pesta masyarakat nelayan asli Bajo," tutur Hugua.