Kamis 25 Aug 2022 09:43 WIB

Dinkes Kota Tangerang Instruksikan Semua Faskes Waspada Cacar Monyet

RSUD Kota Tangerang disiapkan untuk dijadikan lokasi karantina cacar monyet

Rep: Eva Rianti / Red: Nur Aini
Virus cacar monyet. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengeluarkan surat edaran (SE) terkait dengan kewaspadaan terhadap penyakit cacar monyet, menyusul munculnya satu kasus cacar monyet di Indonesia, baru-baru ini.
Foto: CDC
Virus cacar monyet. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengeluarkan surat edaran (SE) terkait dengan kewaspadaan terhadap penyakit cacar monyet, menyusul munculnya satu kasus cacar monyet di Indonesia, baru-baru ini.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengeluarkan surat edaran (SE) terkait dengan kewaspadaan terhadap penyakit cacar monyet, menyusul munculnya satu kasus cacar monyet di Indonesia, baru-baru ini. Seluruh fasilitas kesehatan (faskes) se-Kota Tangerang bersiaga dan waspada terhadap penularan virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menuturkan, hal itu diatur dalam Surat Edaran nomor 443/5481-Dinkes/VIII/2022 tentang Kewaspadaan tehadap Penyakit Cacar Monyet di Kota Tangerang. Beleid tersebut dikeluarkan meskipun belum terdeteksi adanya penyakit cacar monyet di Kota Tangerang. 

Baca Juga

"Dinkes telah mengintruksikan seluruh fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas dan lainnya untuk meningkatkan kewaspadaan yaitu, melalui pengamatan dan deteksi dini yang sesuai dengan operasional cacar monyet, tata laksana serta pemeriksaan laboratorium berdasarkan pedoman," kata Dini dalam keterangannya, Kamis (25/8/2022). 

Dini menuturkan, sebagai upaya antisipasi terkait ketersediaan faskes untuk penanganan pasien cacar monyet, pihaknya menyiagakan rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Tangerang. Rumah sakit tersebut disiapkan untuk dijadikan lokasi karantina. 

"Kita sudah menetapkan RSUD Kota Tangerang sebagai rumah sakit rujukan bila terjadi kasus cacar monyet," tuturnya. 

Dini mengimbau masyarakat yang menemukan gejala atau ciri-ciri terkena cacar monyet untuk segera datang ke faskes terdekat untuk diperiksa lebih dini. Di antara gejalanya yakni demam dengan suhu tubuh sampai lebih dari 38 derajat, muncul ruam-ruam di kepala, wajah hingga telapak tangan dan kaki, perubahan warna kulit serta pembengkakan pada kelenjer getah bening. 

"Jika mengalami gejala klinis tersebut, segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat. Sehingga, petugas kesehatan bisa segera melakukan penelusuran, apakah penyakit tersebut benar-benar positif cacar monyet atau bukan," ujarnya. 

Dia meminta masyarakat untuk tidak panik dengan munculnya penyakit cacar monyet, meski sejauh ini ditegaskan olehnya bahwa belum ditemukan kasus tersebut di Kota Tangerang. Hal yang paling perlu untuk dilakukan, sambungnya, adalah menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

"Hingga saat ini tidak ada (kasus cacar monyet). Saya imbau, masyarakat tetap tenang jangan panik, tetap seperti biasa meningkatkan imunitas," ujarnya. 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement