Ahad 09 Feb 2020 12:08 WIB

Indekos di Mampang Roboh, Ternyata tak Punya Izin

Pemilik indekos mengatakan sedang mengurus izin bangunan yang dibangun pada 2015 itu.

Red: Friska Yolanda
Kamar kos/ilustrasi. Indekos tiga lantai di Mampang, Jakarta Selatan, roboh pada Sabtu (8/2).
Foto: dok Republika
Kamar kos/ilustrasi. Indekos tiga lantai di Mampang, Jakarta Selatan, roboh pada Sabtu (8/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indekos tiga lantai di Jalan Bangka Barat IV RT 003/RW 07 Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan, roboh pada Sabtu (8/2) pagi. Belakangan, diketahui indekos tersebut tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Pemilik indekos tersebut, Abdullah (45), beralasan indekos yang dibangun tahun 2015 itu berada di perkampungan. Ia berpikir tidak memerlukan IMB.

"Memang saya belum punya izin karena saya pikir di dalam kampung, selama ini saya juga mau proses perizinan, walaupun sudah dibangun tetap ingin mengurus izin," kata Abdullah, Ahad (9/2).

Indekos berlantai tiga terdiri atas 22 pintu tersebut berada di dalam pemukiman padat penduduk. Jalan menuju indekos hanya dapat dilalui pejalan kaki. 

Selain indekos yang roboh, Abdullah juga memiliki bangunan indekos lainnya yang menyatu dengan tempat tinggalnya di Jalan Bangka Barat IV. Menurut dia, bangunan indekos yang menyatu dengan tempat tinggalnya tersebut memiliki IMB karena berdiri di pinggir jalan utama.

Abdullah berdalih sudah mempersiapkan izin indekos tiga lantai tersebut dengan menanyakan kepada LMK untuk berkoordinasi mengenai biaya mengurus perizinan. Saat dikonfirmasi sudah sampai dimana proses perizinan tersebut, Abdullah mengatakan masih dalam tahap mencari tahu mengenai biaya perizinan.

"Saya belum bikin perizinan tersebut, baru tanya-tanya anggaran berapa sih, cuma saya kasih konsepnya. Kebetulan kan sertifikat kita sedang dibuat di PTSL, kan sertifikat dulu baru bangunan bikin gambar," kata Abdullah.

Indekos tiga lantai roboh pada Sabtu (8/2) sekitar pukul 05.00 WIB. Beruntung seluruh penghuni kos berjumlah 20 jiwa berhasil keluar sebelum bangunan tersebut ambruk.

Bangunan indekos tiga lantai berbentuk "Leter L" tersebut ambruk menimpa tiga rumah yang ada di bawahnya. Selain itu juga menutup perkarangan sebuah Taman Kanak-kanak (TK).

Kini bangunan tersebut telah dipasang garis polisi. Penghuni indekos yang mengisi 19 pintu sudah dievakuasi ke rumah pemilik indekos dan sebagian lainnya memilih kontrakan baru.

Camat Mampang Prapatan Djaharudin mengatakan, dalam kejadian tersebut seluruh penghuni berhasil menyelamatkan diri keluar dari bangunan sebelum roboh.

"Ada dua penghuni yang terluka karena terjatuh saat menyelamatkan diri keluar dari kos-kosan," kata Djaharudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement